Sabtu 18 May 2013 17:19 WIB

Korut Tembakkan Rudal ke Laut Jepang

Rudal Korea Utara (ilustrasi)
Foto: AP
Rudal Korea Utara (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Korea Utara pada Sabtu meluncurkan tiga peluru kendali jarak pendek ke Laut Jepang, tampaknya sebagai bagian dari latihan militer, kata kementerian pertahanan Korea Selatan.

"Korea Utara meluncurkan dua rudal di pagi hari dan satu lagi di

sore hari," kata seorang juru bicara kementerian pertahanan kepada AFP. "Rudal-rudal itu mendarat di Laut Timur (Laut Jepang)," katanya.

Korea Selatan mempertahankan pengawasan intens terhadap Utara dan menjaga tingkat kesiapan tinggi untuk menangani setiap perkembangan berisiko, ia menambahkan.

Korea Utara terkadang meluncurkan rudal-rudal jarak pendek untuk pengujian atau sebagai bagian dari latihan militer.

Peluncuran mengikuti latihan angkatan laut bersama Korea Selatan-AS pekan pekan ini, dikecam oleh Korea Utara sebagai provokasi "nakal" dan latihan untuk perang.

Pasukan tempur AS yang dipimpin oleh kapal induk bertenaga nuklir USS Nimitz berpartisipasi dalam latihan dua hari yang berakhir Selasa.

Seorang pejabat pertahanan AS mengatakan pekan lalu bahwa dua rudal Korea Utara diperkirakan telah ditembakkan saat ketegangan di semenanjung itu berkobar dalam jangka-sampai perayaan nasional Korea Utara pada 15 April telah dipindahkan dari situs peluncuran mereka.

Para pejabat Korea Selatan dan AS khawatir bahwa satu uji tembak rudal jarak menengah Musudan akan memicu lonjakan terbaru dalam ketegangan yang meningkat setelah Korea Utara melakukan uji coba nuklir pada Februari.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement