Senin 20 May 2013 02:09 WIB

Terapi Ikan Merambah Jalur Gaza

Terapi ikan. Ilustrasi
Foto: The Straits Times
Terapi ikan. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, KOTA GAZA---Fouad Yahya, seorang warga di Jalur Gaza, tak pernah menduga pada suatu hari ikan akan mengobati penyakit kulitnya, semacam terapi yang ia ketahui melalui Internet dan berita televisi.

 

"Saya tersenyum saat saya memasukkan kedua kaki saya ke dalam tong yang berisi air hangat dan puluhan ikan Garra Rufa, jenis ikan yang tidak memiliki gigi yang digunakan untuk pengobatan semacam itu. Saya santai saat ikan tersebut mulai 'menggerogoti' kulit mata di kaki saya, proses yang mengaktifkan peredaran darah di kaki saya," kata Yahya.

Pria tersebut menambahkan ia pernah mendengar tentang "Ikan Dokter", tapi tak pernah membayangkan pada suatu hari "saya akan diobati dengan jenis terapi itu, saat kami masih hidup di bawah pengepungan Israel dan sulit untuk bermacam jenis pengobatan yang tidak lumrah".

Ikan Garra Rufa, yang memakan kulit mati di tubuh manusia, digunakan untuk mengobati beragam jenis penyakit dermatologi, seperti psoriasis dan eksim.

Alaa Abu Ghali, ahli pengobatan alternatif dari Kota Kecil Rafah, mengatakan bahwa ia telah menggunakan Apiteraphy untuk mengobat bermacam jenis penyakit, sampai ia mengunjungi beberapa negara Asia dan membawa pulang "Ikan Dokter" ke Jalur Gaza.

Apitherapy adalah penggunaan bermacam produk madu lebah dalam pengobatan alternatif. "Saya banyak baca tentang 'Ikan Dokter', yang mengobati banyak jenis penyakit kulit selain digunakan untuk melakukan urut kulit, jadi, saya memutuskan untuk membuka klinik pertama di Palestina untuk mengobati orang dengan 'Ikan Dokter'," kata Abu Ghali.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement