Senin 20 May 2013 13:43 WIB

Tornado Setinggi Rumah Terjang Oklahoma

Rep: Nur Aini/ Red: Citra Listya Rini
Kabel listrik hancur akibat tornado.
Foto: AP/Tuscaloosa News
Kabel listrik hancur akibat tornado.

REPUBLIKA.CO.ID, SHAWNEE -- Tornado melanda bagian tengah Oklahoma, Amerika Serikat (AS), Ahad (19/5) waktu setempat. Dilaporkan seorang pria berusia 79 tahun tewas lantaran tornado di Oklahoma.

"Ini sangat buruk. Banyak yang disapu Tornado," kata Sheriff, Mike Booth dilansir New York Times, Senin (20/5). 

Tornado di Shawnee adalah salah satu dari sejumlah angin ribut yang sama di negara bagian tengah AS dalam sepakan terakhir. Tornado, hujan es, dan angin kencang juang melanda Iowa dan Kansas. 

Di seluruh negara bagian, 21 orang dilaporkan terluka. Jumlah itu belum termasuk mereka yang menderita benjol atau memar yang tidak mengunjungi rumah sakit. 

Pejabat departemen darurat setempat pergi ke rumah-rumah untuk menjelaskan ke warga. Peramal cuaca memperingatkan adanya badai sejak Rabu hingga Ahad kemarin. 

Taman barat Shawnee merupakan daerah terparah yang diterjang Tornado. Daerah itu juga sulit dijangkau. Kabel listrik banyak berada di jalanan. 

Gubernur Mary Fallin mengatakan keadaan darurat untuk 16 wilayah di Oklahoma yang mendapat badai dan banjir selama akhir pekan. Hujan lebat dan angin kencang melanda sebagian besar Oklahoma Barat pada Sabtu pekan lalu. Tornado juga dilaporkan berada di Edmond, Arcadia, dan dekat Wellston. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement