Rabu 22 May 2013 00:18 WIB

Aliran Listrik di 14 Provinsi Thailand Pulih

Rep: Arif Supriyono/ Red: Heri Ruslan
Suasana gelap di hotel berbintang lima, Sinkiat Buri, di Satun, Thailand. Hotel hanya menggunakan lampu darurat.
Foto: Arif Supriyono/Republika
Suasana gelap di hotel berbintang lima, Sinkiat Buri, di Satun, Thailand. Hotel hanya menggunakan lampu darurat.

REPUBLIKA.CO.ID, SATUN--Wilayah Thailand Selatan kembali terang. Kegelapan yang melanda 14 provinsi di Thailand telah teratasi. 

Sekitar pukul 23.00 waktu setempat (tak ada perbedaan waktu dengan WIB), situasi  kembali normal. Hampir selama empat jam, berdasarkan laporan wartawan Republika (Arif Supriyono) yang berada di Satun, Thailand, di wilayah tersebut aliran listrik terputus. 

Menurut petugas bagian umum Hotel Sinkiat Buri di Satun, Thailand, bernama Aye T, ini merupakan peristiwa paling lama dalam hal padamnya listrik di wilayah selatan Thailand. 

"Biasanya paling lama cuma lima menit," kata dia. Sampai saat ini, menurut Aye T, belum ada laporan yang menyebabkan padamnya aliran listrik. 

Kawasan selatan Thailand terdiri atas 14 provinsi. Ada 4 provinsi di kawasan ini (Yala, Narathriwat, Pattani, dan Satun) yang penduduknya mayoritas bergama Islam. 

Saat ini Thailand sedang gencar memulihkan situasi keamanan dan citra positif di kawasan selatan. Sejak 4 Januari 2004 hingga 31 Desember 2012, akibat kekerasan di Yala, Narathriwat, dan Pattani telah menewaskan 5.501 jiwa dan melukai 9.725 orang. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement