Rabu 22 May 2013 08:53 WIB

'Tersangka Bom Boston Justru Lebih Amerika'

Gerard Depardieu
Foto: celebitchy.com
Gerard Depardieu

REPUBLIKA.CO.ID, Grozny -- Aktor Prancis, Gerard Depardieu, selasa (21/5), mengatakan dua kakak-beradik etnis Chechen yang dituduh sebagai pelaku bom Boston Marathon, tumbuh sebagai anak Amerika. Dengan begitu, penduduk Chechnya, kawasan di Rusia, tidak bisa ikut disalahkan atas peristiwa tersebut.

Aktor yang beralih kewarganegaraan menjadi warga Rusia guna menghindari pajak itu mengulangi komentar tokoh Chechen, Ramzan Kadyrov, rekannya dalam pembuatan film. "Saya berada di AS saat aksi teror itu terjadi di Boston. Saya sepakat dengan Ramzan Kadyrov yang mengatakan bahwa kedua kakak-beradik Tsarnaev itu hanya menyandang nama keluarga sebagai orang Chechen tetapi mereka dibesarkan menjadi orang Amerika," ujar Depardieu.

"Anda (Chechen) tidak harus ikut bertanggung jawab apa pun," kata Depardieu yang berada di Chechnya untuk pengambilan gambar bagi sebuah film Rusia di kawasan Kaukasus Utara.

Kadyrov yang banyak dikritik karena kepemimpinannya yang keras mengatakan, meskipun kebijakan diterapkan di Chechnya untuk mengendalikan kekerasan di Kaukasus Utara. Ia menolak bahwa Chechnya berkaitan dengan Tsarnaev, dituduh terlibat dalam pengeboman yang menewaskan tiga korban dan mencederai 264 orang di garis akhir lomba lari marathon di Boston.

Penyelidik AS sedang mencari kaitan antara Tamerlan Tsarnaev dengan para ekstremis yang melakukan kekerasan di kawasan pegunungan Rusia di dekat Sochi. Di sana, Rusia berencana menyelenggarakan Olimpiade Musim Dingin 2014.

sumber : Antara/Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement