Rabu 22 May 2013 13:52 WIB

Cina Tangkap Enam Pemeras Pejabat Lewat Video Seks

Rep: Nur Aini/ Red: Mansyur Faqih
Xi Jinping.
Foto: AP Photo
Xi Jinping.

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Sebuah pengadilan di kota Chongqing menahan enam orang yang bekerja sama untuk memeras pejabat pemerintah dengan merekam video seks.

Enam orang itu dihukum dengan tuduhan pemerasan pada Senin lalu. Penyidik mengatakan kelompok tersebut membuat para pejabat berhubungan seks dengan seorang perempuan. Kemudian diam-diam merekamnya untuk memeras pada 2008-2009. 

Tuduhan itu datang setelah gambar seorang bejabat dari sebuah partai yang berhubungan seks dengan perempuan simpananya beredar di situs Weibo. Media pemerintah mengatakan pejabat tersebut, Lei Zhengfu telah dipecat dari posnya dan akan menghadapi tuduhan korupsi. 

Seperti dilaporkan Reuters, Pejabat partai dilarang memiliki selingkuhan dan video tersebut datang untuk menunjukkan korupsi dari para elite.

Presiden Xi Jinping menyerukan tindakan keras terhadap korupsi dan memperingatkan kelangsungan hidup partai. Sejumlah kecil pejabat senior telah dipecat atau diseldiki kasus korupsinya sejak Xi menjabat tahun lalu. 

Sebanyak 10 pejabat pemerintah dan kepala BUMN dipecat pada Januari lalu karena keterlibatan mereka dalam video seks. Mereka termasuk pejabat tingkat kabupaten dan kepala BUMN.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement