Sabtu 25 May 2013 20:30 WIB

Dulu Sempat Ada Republik Demokrasi Taiwan

Bangunan di Taiwan tempat pemerintahan di masa lalu
Foto: Formosa
Bangunan di Taiwan tempat pemerintahan di masa lalu

REPUBLIKA.CO.ID,Jauh sebelum Republik Taiwan berdiri, ternyata pernah ada Republik Demokrasi Taiwan. Ini adalah sebuah negara berumur pendek di Taiwan yang diproklamirkan pada hari ini,  23 Mei 1895. Republik ini berakhir pada tanggal 21 Oktober tahun yang sama setelah penaklukan Tainan, yang merupakan pusat pemerintahan pada masa itu oleh Jepang.

Republik ini diproklamirkan setelah Dinasti Qing kalah perang dalam Peperangan Jiawu tahun 1895 dari Jepang. Sebagai akibatnya, Dinasti Qing diharuskan menandatangani perjanjian Shimonoseki yang salah satu butirnya adalah menyerahkan kedaulatan Taiwan dan Pescadores kepada Jepang tanpa syarat. Penduduk Taiwan yang saat itu tidak ingin tunduk terhadap pendudukan Jepang kemudian mengumumkan pembentukan Republik Demokrasi Taiwan.

Republik ini boleh dikatakan adalah republik pertama di Asia. Meskipun diakui oleh sebagian ahli sejarah dan politik sebagai republik Asia pertama yang pernah diproklamirkan, namun Republik Taiwan ini didahului Republik Lanfang yang didirikan pada tahun 1777.

sumber : Wikipedia
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement