Rabu 29 May 2013 12:58 WIB

Barbara Ancam Pantai Meksiko

Fenomena angin puyuh (ilustrasi).
Foto: AP Photo
Fenomena angin puyuh (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, MEXICO CITY -- Topan Tropis Barbara bertambah kuat di Samudra Pasifik dan diperkirakan secara perlahan bergerak ke arah pantai Meksiko Selatan. Demikian kata US National Hurricane Center pada Selasa (28/5).

Pusat topan tersebut melaporkan topan tropis yang sebelumnya berupa depresi itu sebelumnya memiliki angin dengan kecepatan maksimum mendekati 64 kilometer per jam. Topan berada sekitar 233 kilometer dari Pelabuhan Salina Cruz di Negara Bagian Oaxaca Selatan.

Salina Cruz adalah tempat kilang minyak terbesar perusahaan monopoli minyak di Meksiko, Pemex. US National Hurricane Center menyatakan Topan Barbara telah bergerak sangat sedikit selama beberapa jam belakangan.

''Tapi, topan Barbara diperkirakan bertambah kuat saat topan tersebut mencapai pantai pada sekitar Rabu,'' demikian laporan Reuters yang dipantau Antara di Jakarta pada Rabu siang.

Curah hujan antara tiga dan 10 inci diramalkan mengguyur Oaxaca Selatan segera setelah Topan Barbara mencapai daratan.

Dinas meteorologi nasional Meksiko, Selasa, menyatakan lebar topan tersebut bisa mencapai delapan wilayah negara bagian di Meksiko Selatan. Lembaga itu mengeluarkan peringatan topan untuk wilayah dari Boca de Pijijiapan di Negara Bagian Chiapas sampai Lagunas de Chacahua di Negara Bagian Oaxaca.

sumber : Antara/Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement