Kamis 30 May 2013 03:11 WIB

Cemaskan Cina, AS Siap Kembangkan Sayap ke Asia?

Chuck Hagel
Foto: AP
Chuck Hagel

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON---Kepala Pentagon Chuck Hagel dalam lawatannya ke Asia pekan ini akan meyakinkan sekutu-sekutu Amerika Serikat bahwa AS berniat "mewujudkan" pengalihan strategis yang dijanjikan negaranya ke wilayah Pasifik, kata para pejabat, Selasa.

Dalam lawatan pertamanya ke wilayah itu sejak ia mengambil alih jabatan menteri pertahanan AS pada Februari lalu, Hagel dalam pertemuan dengan mitra-mitranya pada konferensi di Singapura diperkirakan akan membahas "penyeimbangan kembali" Washington terhadap Asia serta terhadap ketegangan baru-baru ini dengan Korea Utara. "Yang menjadi fokus adalah mewujudkannya tahun ini," kata seorang pejabat tinggi departemen pertahanan, yang enggan disebutkan jadi dirinya.

"Tahun lalu, kita menyampaikan kepada kawasan tersebut tentang arah strategis baru. Tahun ini benar-benar untuk menunjukkan bahwa arah strategis, penyeimbangan kembali sedang berada dalam proses," kata pejabat tersebut kepada para wartawan.

Presiden Barack Obama tahun lalu mengungkapkan adanya sebuah strategi keamanan baru yang menekankan pada pergeseran ke arah kawasan Asia. Pengalihan itu mencerminkan kekhawatiran AS terhadap berkembangnya kekuatan militer Cina.

Namun, kebuntuan di Washington --menyangkut anggaran-- secara otomatis telah memicu terjadinya pemotongan untuk pengeluaran militer AS. Hal itu meningkatkan kekhawatiran dari negara-negara di kawasan bahwa penyeimbangan kembali seperti yang dijanjikan Amerika bisa meleset.

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement