Senin 03 Jun 2013 20:41 WIB

Irak Ingatkan Israel: Jangan Pakai Udara Kami untuk Serang Iran

Pesawat-pesawat Israel
Pesawat-pesawat Israel

REPUBLIKA.CO.ID, BAGHDAD -- Irak memperingatkan Israel bahwa pihaknya akan menanggapi setiap upaya negara Yahudi itu untuk menggunakan wilayah udaranya guna menyerang terhadap program nuklir Iran. Demikian kata seorang menteri Irak kepada AFP.

Pernyataan Hussein al-Shahristani, wakil perdana menteri yang bertanggung jawab untuk urusan energi, itu menandai pertama kalinya seorang pejabat senior Irak memperingatkan secara terbuka terhadap Israel. Memasuki wilayah udaranya merupakan rute yang paling langsung untuk memukul target di Iran.

Shahristani juga mengatakan bahwa Irak telah menerima jaminan dari Washington bahwa Amerika Serikat tidak akan menggunakan wilayah udaranya untuk menyerang Iran.

"(Amerika) telah meyakinkan kami bahwa mereka tidak akan melanggar wilayah udara Irak atau kedaulatan Irak dengan menggunakan wilayah udara kami untuk menyerang salah satu dari tetangga kami," kata Shahristani.

"Kami juga telah memperingatkan Israel bahwa jika mereka melanggar wilayah udara Irak, maka mereka akan harus menanggung konsekuensinya," katanya.

Shahristani mengatakan bahwa masalah tersebut telah dibahas di Dewan Keamanan Nasional Irak. Peringatan telah diberikan kepada Israel melalui negara-negara yang memiliki hubungan dengan mereka.

sumber : Antara/AFP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement