Kamis 06 Jun 2013 08:51 WIB

Kenalkan, Perempuan Inilah Penasihat Keamanan Obama

Susan Rice, penasihat keamanan Presiden AS Barack Obama
Foto: AP
Susan Rice, penasihat keamanan Presiden AS Barack Obama

REPUBLIKA.CO.ID, Presiden Barack Obama telah memilih Duta Besar Amerika Untuk PBB Susan Rice menjadi penasihat keamanan nasional yang baru, seperti dilansir situs voa.

Berbicara di Gedung Putih, Presiden Obama mengatakan Susan Rice adalah seorang patriot yang “berani” dan “tangguh” yang memahami bahwa tidak ada pengganti bagi kepemimpinan Amerika. Obama menambahkan Rice sadar bahwa Amerika harus menggunakan kekuatannya secara bijaksana.

Susan Rice dikritik faksi Republik di Kongres sebagai bagian dari penyelidikan terhadap serangan mematikan atas kompleks Amerika di Benghazi – Libya. Dalam wawancara televisi Rice mengatakan serangan itu spontan, yang terbukti tidak benar.

Susan Rice tadinya dipertimbangkan untuk menggantikan Hillary Clinton sebagai menteri luar negeri, tetapi hal itu dibatalkan karena kecaman faksi Republik. Jabatan penasihat keamanan nasional tidak mengharuskan konfirmasi Senat. Susan Rice menggantikan Tom Donilon yang meninggalkan jabatannya awal Juli nanti. Tom Donilon adalah penasihat utama kebijakan luar negeri bagi Presiden Obama sejak ia dilantik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement