Senin 10 Jun 2013 09:37 WIB

Hindari Panas, Masinis di Swedia Pakai Rok

Rep: Nur Aini/ Red: Didi Purwadi
Masinis laki-laki memakai rok saat bekerja.
Foto: www.hollypost.com
Masinis laki-laki memakai rok saat bekerja.

REPUBLIKA.CO.ID, STOCKHOLM -- Puluhan masinis laki-laki di Swedia memakai rok ketika bekerja untuk menghindari cuaca panas. Masinis yang mengoperasikan kereta jalur utara Roslagsbanan ibukota Stockholm mengenakan rok untuk bekerja selama dua pekan terakhir.

Masinis tersebut mengacuhkan perusahaan Arriva yang melarang penggunaan celana pendek. Namun, perusahaan membolehkan pemakaian rok.

"Kami pikir orang harus terlihat layak dan tepat ketika mewakili Arriva dan seragam saat ini menggambarkan itu. Jika seorang pria hanya ingin memakai rok, maka itu oke," ujar Manajer Komunikasi Arriva, Tomas Hedenius, seperti dilansir BBC.

Salah satu masinis, Martin Akersten, mengataan dia dan rekan-rekannya berpikir untuk memakai rok setelah mereka diberitahu tentang kode berpakaian perusahaan.

"Kami selalu mengatakan ketika musim panas tiba, kami akan memakai rok. Ini cuaca sangat hangat jadi kami ingin memakai celana pendek,'' katanya. ''Tapi jika kami tidak bisa, maka kami memilih rok untuk kenyamanan.''

Para masinis memilih memakai rok untuk hari-hari panas. Mereka akan memakai celana panjang pada musim dingin.

"Para penumpang melihat kami. Tapi, sejauh ini belum ada yang mengatakan apa-apa. Saya tidak keberatan karena itu lebih tentang kenyamanan," ungkapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement