Senin 10 Jun 2013 09:49 WIB

Bendungan di Jerman Jebol Disapu Banjir

Rep: Nur Aini/ Red: Mansyur Faqih
Rel kereta dari Magdeburg di timur Jerman ke Leipzig terendam banjir
Foto: Reuters
Rel kereta dari Magdeburg di timur Jerman ke Leipzig terendam banjir

REPUBLIKA.CO.ID, BERLIN -- Sebuah bendungan di Jerman Timur jebol setelah Sungai Elbe meluap. Hal itu memaksa ribuan orang di sekitar kota Magdeburg mengungsi.

Ketinggian air di Magdeburg mencapai 7,44 meter pada Ahad (9/6). Itu hampir empat kali lebih tinggi dari normal sekitar dua meter. 

Sepanjang lebih dari 700 km dari Sungai Danube, ribuan orang memasang karung pasir. Pada Jumat malam lalu, warga mulai dipindahkan dari rumah di  Gyorujfalu, dekat kota Gyor karena tanggul terkena tanah longsor. Di Magdeburg, lebih dari 23 ribu orang meninggalkan rumah mereka. 

Puncak banjir diperkirakan akan mencapai Jerman Utara dalam beberapa hari mendatang. BBC melaporkan Kanselir Jerman, Angela Merkel akan membuat pertemuan darurat dengan para pemimpin wilayah Jerman untuk membuat anggaran penanganan banjir. 

"Kami tengah berhadapan dengan bencana nasional," ujar seorang anggota parlemen, Gerda Hasselfeldt.

Sementara itu, banjir juga melanda Hungaria dengan ketinggian air di Danube di inokota Budapest telah mencapai puncaknya. Setidaknya 15 orang tewas dalam banjir di Eropa Tengah. Para pengamat mengatakan penanganan banjir membutuhkan biaya miliar euro.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement