Senin 10 Jun 2013 11:34 WIB

Empat Negara yang Paling Diawasi AS

Rep: Nur Aini/ Red: Karta Raharja Ucu
Bendera Amerika Serikat
Bendera Amerika Serikat

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Intelijen Amerika Serikat, secara ketat mengawasi Iran, Yordania, Pakistan, dan Mesir. Hal itu terungkap dalam laporan the Guardian yang mengutip sejumlah dokumen rahasia.

Dokumen-dokumen tersebut menunjukkan alat rekaman data dan analisis intelijen. Alat tersebut disebut sebagai informan tanpa batas yang mengumpulkan data dari jaringan komputer dan telepon.

"Alat ini memungkinkan pengguna untuk memilih negara pada peta dan melihat volume metadata dan memilih rincian tentang koleksi tentang negara tersebut," ujar laporan tersebut dilansir Alarabiya.

Dalam laporan itu, Iran merupakan negara utama yang datanya dikumpulkan intelijen. Setidaknya 14 miliar laporan selama 30 hari periode yang berakhir Maret 2013. Negara kedua yang diawasi adalah Pakistan dengan 13,5 miliar laporan. Hal itu diikuti Yordania dengan 12,7 miliar laporan.

Mesir dan India adalah dua negara terakhir yang mendapat pengawasan. Laporan tersebut muncul di tengah tuduhan kongres, intelijen memata-matai warga AS. Namun, pada Maret ini, lembaga intelijen AS membantah memiliki alat yang bisa melacak dan mengumpulkan data warga AS.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement