Kamis 13 Jun 2013 11:06 WIB

Perenang Australia Gagal Lintasi Kuba-Florida karena Ubur-Ubur

Rep: Nur Aini/ Red: Mansyur Faqih
Chloe McCardel
Foto: Reuters
Chloe McCardel

REPUBLIKA.CO.ID, HAVANA -- Perenang jarak jauh Australiaa, Chloe McCardel gagal menjadi orang pertama yang berenang sejauh 166 km dari Kuba ke Florida AS tanpa kandang hiu. Kegagalannya akibat tersengat ubur-ubur pada Rabu (12/6) malam. 

McCardel (28 tahun) menyerah setelah 11 jam berada di dalam air. Sengatan ubur-ubur tersebut cukup parah. 

"Chloe sekarang di salah satu kapal menuju ke Key West. Dia akan memulihkan diri 24 jam sebelum memutuskan rencananya ke depan," ujar pernyataan yang dikutip Reuters.

McCardel mulai berenang Rabu pagi untuk menyeberangi selat Florida dalam waktu sekitar 60 jam dan mencapai Key West pada Jumat (14/6) malam. 

Dia memiliki tim ahli di AS untuk membantu membimbingnya melewati arus kuat. Dia juga menyadari bahaya ubur-ubur. Waktu berenangnya juga tidak bertepatan dengan musim ubur-ubur. 

Perenang sebelumnya Diana Nyad dari Amerika gagal dalam upaya keempatnya untuk menyeberangi selat Florida karena tersengat ubur-ubur kotak. Hanya satu orang perenang asal Australia, Susie Maroney pada 1997 yang berhasil menyeberangi Kuba-AS. Namun dia menggunakan kandang hiu yang membantunya memotong arus air.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement