Jumat 14 Jun 2013 07:55 WIB

Terlalu Banyak yang Obesitas, Australia Terapkan Rating Produk Makanan

Red:
Produk Makanan di Australia akan dilabeli dengan tanda bintang sebagai standard gizi
Produk Makanan di Australia akan dilabeli dengan tanda bintang sebagai standard gizi

CANBERRA --Sudah terlalu banyak warga Australia yang mengalami obesitas (kegemukan). Nah, menghadapi hal ini, Pemerintah Australia mewacanakan penerapan sistem rating pada produk makanan sebagai senjata untuk memerangi epidemi obesitas.

Sistem rating itu akan menggunakan tanda skala bintang mulai dari setengah bintang hingga 5 bintang, berdasarkan nilai kandungan gizi. Pemerintah Federal, Pusat dan Negara Bagian akan membahas proposal kebijakan ini dalam pertemuan yang akan digelar dalam waktu dekat.

Jika disetujui, tampaknya tanda bintang itu akan muncul dibagian depan kemasan makanan mulai  pertengahan tahun depan. Namun sejauh ini Lembaga Makanan dan Belanja belum yakin rencana kebijakan ini siap untuk digelontorkan.

Selain itu Mereka juga mempersoalkan tidak jelasnya batasan  menentukan ‘nilai kesehatan’ dari sebuah produk makanan.

Meski demikian Sekretaris Parlemen Bidang Kesehatan, Shayne Neumann, mengatakan optimistis otoritas di semua tingkatan dan kalangan industri mendukung skema ini. “Saya berharap seluruh perwakilan jurisdiksi akan hadir pada pertemuan Jum’at besok. Sebelumnya Saya juga sudah berbicara dengan beberapa dari mereka dan sejauh ini respon Mereka positif terkait wacana ini,” katanya.

Michael Moore dari Asosiasi Kesehatan Masyarakat Australia mengatakan sistem ini akan memudahkan konsumen memilih menu yang lebih sehat. “Hanya dengan melihat sekilas bagian muka kemasan makanan , orang bisa mengetahui...”Hey, ini makanan berbintang 4 atau 5 dan ini bagus untuk kesehatan Saya, atau ini sangat bagus untuk anak Saya,” Moore mencontohkan.

Proposal kebijakan ini sudah digarap selama berbulan-bulan oleh perwakilan dari industri makanan, retail, kesehatan dan kelompok konsumen.

Kasus obesitas meningkat

Jane Martin dari Koalisi Kebijakan Obesitas mengatakan tujuan dari proposal kebijakan ini sangat jelas.

“Situasi kasus obesitas di Australia sangat serius. Saat ini ada 65% penduduk dewasa kelebihan berat badan atau mengalami kegemukan dan 25% dikalangan anak-anak,” paparnya.

Diperkirakan pada 2020 nanti jumlah kasus itu akan meningkat 80% dikalangan penduduk dewasa dan 2/3 dikalangan anak-anak.

Menurut Jane Martin, kasus kegemukan atau obesitas telah menjadi masalah yang meluas di Australia. Kebanyakan yang mengalami kegemukan justru warga dari kelompok berpendapatan rendah, dan ini masalah bagi kalangan menengah kebawah. “Tidak akan ada satu cara ajaib dan kita butuh memberikan masyarakat informasi yang bisa membantu mereka membuat keputusan yang lebih baik dan lebih sehat,” ungkapnya.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ABC News (Australian Broadcasting Corporation). Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ABC News (Australian Broadcasting Corporation).
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement