Kamis 13 Jun 2013 18:39 WIB

Lima Presiden Dunia yang Bercerai Saat Menjabat

Rep: Niken Paramita Wulandari/ Red: Dewi Mardiani
Perceraian/ilustrasi
Foto: dailymail
Perceraian/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Kamis (6/6) lalu, Presiden Rusia Vladimir Putin resmi mengumumkan perceraiannya dengan Lyudmilla. Media-media di Barat menduga, keretakan rumah tangga yang telah dijalin Putin selama 30 tahun akibat hubungan dilakukan Putin bersama Alina Kabaeva di tahun 2008.

Alina merupakan pemegang medali emas olimpiade di cabang senam. Ternyata bukan hanya Putin, perceraian juga dialami tokoh dunia di saat menjabat presiden. Siapa saja? Ini para tokohnya yang dilansir uniknya.com:

1. Presiden Nicolas Sarkozy, Perancis

Presiden Nicolas Sarkozy bercerai saat masa jabatannya masih berlaku. Pada 2007, dia bercerai dengan istri pertamanya Cecilia. Kemudian Sarkozy menikahi Carla Bruni, penyanyi dan model yang juga mantan kekasih Mick Jagger dan Eric Clapton.

2. Perdana Menteri Silvio Berlusconi, Italia

Awal tahun 2009, Perdana Menteri Silvio Berlusconi bercerai dengan mantan istrinya, Veronica Lario yang berprofesi sebagai aktris. Pada November 2010 Berlusconi membuat sensasi ketika Ia menghadiri sebuah pesta seks yang dikenal dengan istilah 'Bunga-bunga'. Awal tahun 2013 ia kemudian mengeluarkan pernyataan, kelompok komunis-feminislah yang membayar mantan istrinya untuk bercerai dengan bayaran 26 juta Euro.

3. Presiden Alvaro Colom, Guatemala

Perceraian juga terjadi pada Presiden Guatemala, Alvaro Colom. Colom dikabarkan bercerai dari istrinya, Sandra Torres pada Maret 2011 lalu. Tapi kelompok oposisi menuduhkan, perceraian tersebut merupakan salah satu strategi agar jabatan presiden Guatemala masih dipegang oleh Dinasti Colom. Karena berdasarkan hukum Guatemala, calon presiden yang baru tidak boleh memiliki kedekatan dengan presiden yang sedang menjabat. Dikabarkan, mantan istri Colom, Sandra, akan ikut dalam pemilihan presiden Guatemala berikutnya.

4. Presiden Nelson Mandela, Afrika Selatan

Dari benua Afrika, perceraian juga menimpa Presiden Nelson Mandela dari Afrika Selatan dengan sang istri Winnie. Saat itu pernikahan yang dijalin Mandela sudah berjalan selama 38 tahun. Dramatisnya, perceraian terjadi enam tahun setelah Mandela menghirup udara kebebasan. Pada 1996 tersiar rumor, Winnie melakukan perselingkuhan. Winnie dan lelaki selingkuhannya dikabarkan menikah lima tahun setelah Mandela dijebloskan ke dalam penjara pada 1963.

5. Presiden Hugo Chavez, Venezuela

Hal yang sama juga menimpa Hugo Chaves dari Venezuela. Chaves yang baru saja meninggal pada 5 Maret lalu, bercerai dengan istrinya Marisabel Rodriguez, seorang jurnalis radio, pada 2004. Alasan Marisa berpisah dari Chavez karena presiden yang dikenal anti-AS tersebut bertemperamen buruk.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement