Jumat 14 Jun 2013 14:42 WIB

RI Jadi Tuan Rumah Pertemuan Produsen Vaksin Negara OKI

Rep: Lingga Permesti/ Red: Dewi Mardiani
logo-OKI
logo-OKI

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Indonesia menjadi tuan rumah pertemuan kedua Pembuat Vaksin dan Obat-Obatan Negara-negara Organisasi Konferensi Islam (OKI), 16-19 Juni 2013 mendatang. Sebagai perusahaan vaksin satu-satunya di Indonesia, PT Bio Farma (Persero) siap untuk menyelenggarakan gelaran besar tersebut.

Menurut Corporate Secretary Bio Farma, M Rahman Rustan, pertemuan yang akan berlangsung di Bandung, Jawa Barat itu merupakan tindak lanjut dari keputusan Pertemuan Kelompok Penasehat Negara Islam di Ankara Turki serta pada Pertemuan Komite Pengarah ke-6 tentang Kesehatan Negara-negara OKI di Jakarta. 

Selain itu, Pemerintah Indonesia juga menyampaikan kesediaan untuk menjadi tuan rumah pertemuan final Rencana Implementasi Program Aksi Kesehatan Strategis 2013-2022. Dalam rangkaian pertemuan tersebut, PT Bio Farma juga menjadi narasumber. Dalam workshop Pembuat Vaksin (Workshop on Vaccine Manufacturers) pada 16 Juni 2013.

"BPPOM juga akan menyelenggarakan workshop mengenai Pengalaman Indonesia dan Negara-negara OKI dalam Memperkuat Fungsi Badan POM dalam pembuatan vaksin di lokasi yang sama," ujar dia.

Di antara negara-negara Islam, baru Indonesia yang telah memproduksi dan mensuplai produksi vaksin untuk program imunisasi di sejumlah negara, termasuk negara Islam. Kemampuan Bio Farma dalam kemandirian vaksin itu telah menjadi referensi atau dijadikan contoh oleh pembuat vaksin di negara-negara Islam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement