Senin 17 Jun 2013 14:44 WIB

Gillard Desak Negara Bagian Victoria Naikkan Dana untuk Pendidikan

Red:
Julia Gilard
Julia Gilard

CANBERRA -- Perdana Menteri Julia Gillard mendesak Menteri Besar Negara Bagian Victoria, Denis Napthnie untuk menyetujui kenaikan pendanaan atau subsidi buat peningkatan pendidikan.

Pemerintah telah merilis dan merinci sekolah sekolah negeri di negara bagian Victoria agar pendanaanya ditingkatkan sesuai dengan model Gonski

Julia Gillard mengatakan sejumlah  siswa di Victoria sudah ketinggalan tiga tahun di belakang dalam sastra dan matematika. "Di sejumlah sekolah, mengajar anak-anak kita yang kurang beruntung  perbedaannya bisa sampai 60 persen. Saya menyerukan kepada Menteri Victoria untuk memastikan anak-anak Victoria tidak akan tertinggal di belakang."

Menteri Denis Napthine sebelumnya telah menunjukkan keengganannya menandatangani kenaikan dana pendidikan.

Pada Jumat lalu, dia menuduh Pemerintah federal melakukan "lelang politik".

Pekan lalu Pemerintah federal  mengumumkan akan menaikan hampir tiga kali lipat jumlah dana untuk Australia Barat dalam upaya mendapatkan dukungan, dari sebelumnya berjanji hanya dari 300 juta dolar Australia ke 920 juta dolar AUS.

Napthine mempertanyakan komitmen awal untuk rencana Gonski, setelah melihat kesepakatan yang lebih baik Pemerintah federal dengan menawarkan negara-negara bagian lain.

Menteri Pendidikan negara  bagian Victoria, Martin Dixon mengatakan belum melihat rincian sekolah yang disampaikan Pemerintah federal.

Pemerintah Negara bagian memiliki daftar sendiri dari 249 sekolah yang mengaku akan kehilangan uang di bawah reformasi keuangan Pemerintah federal.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ABC News (Australian Broadcasting Corporation). Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ABC News (Australian Broadcasting Corporation).
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement