Rabu 19 Jun 2013 21:46 WIB

Obama, Putin, Xi Jinping Pastikan Hadir di APEC Bali

Peta keanggotaan negara APEC
Foto: Antara
Peta keanggotaan negara APEC

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-0Sejumlah kepala negara, seperti Presiden Amerika Serikat Barack Obama, Presiden Cina Xi Jinping dan Presiden Rusia Vladimir Putin telah mengonfirmasi kehadirannya pada konfrensi tingkat tinggi Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik (APEC), Oktober mendatang. Keterangan itu disampaikan Menteri Luar Negeri RI Marty Natalegawa.

"Hingga saat ini tidak ada kepala negara yang menyatakan berhalangan hadir, sebagaian besar sudah mengkonfirmasikan hadir dan konfirmasi kehadiran terus bergulir," kata Marty usai rapat panitia nasional tingkat menteri keketuaan APEC di Jakarta, Rabu (19/6).

Semua agenda pelaksanaan APEC pada 2013, kata Marty, berjalan sesuai rencana baik dari substansi maupun teknis penyelenggaran.

Salah satu hal yang menjadi fokus pemerintah kini, kata Marty adalah mencari benang merah dengan substansi kepentingan Indonesia. Tujuannya agar topik iturdibahas pada serangkaian agenda mulilateral diplomasi yang akan berlangsung pada enam bulan ke depan.

Selain KTT APEC, pada akhir 2013, sejak September hingga Desember Indonesia juga akan terlibat dalam pertemuan KTT ASEAN, pertemuan negara-negara G-20 dan forum Organisasi Perdagangan Dunia (WTO).

Pada kesempatan yang sama, Menteri Perencanaan dan Pembangunan Nasional Armida Alisjahbana mengatakan ketahanan pangan dan energi serta peran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) akan tetap menjadi perhatian Indonesia.

"Ini sesuai dengan prioritas ke-2 Indonesia di APEC yaitu mencapai pertumbuhan berkelanjutan dan berkeadilan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement