Kamis 20 Jun 2013 08:25 WIB

AS dan Negara Sekutu Minta Korut Lucuti Nuklir

Gambar saat Korut meluncurkan roket dan satelit pada Desember lalu.
Foto: REUTERS
Gambar saat Korut meluncurkan roket dan satelit pada Desember lalu.

REPUBLIKA.CO.ID,  WASHINGTON -- Amerika Serikat, Korea Selatan dan Jepang Rabu (19/6) mengatakan bahwa Korea Utara harus menghentikan program nuklirnya jika ingin menjalin hubungan lebih baik. Permintaan itu dilontarkan setelah Pyongyang mengatakan pihaknya bersedia untuk kembali ke perundingan.

"Kami akan menilai DPRK (Korea Utara) dengan tindakannya, bukan kata-katanya," kata sekutu demokratis itu dalam satu pernyataan, merujuk kepada nama resmi Korea Utara, Republik Demokratik Rakyat Korea (DPRK).

Glyn Davies, perwakilan khusus kebijakan AS untuk Korea Utara, bertemu dengan rekan-rekan sekutunya dari Jepang dan Korea Selatan di tengah-tengah kesibukan pembahasan tentang Korea Utara di tengah krisis diplomatik dramatis awal tahun ini.

"Kami sepakat jalan terbuka untuk DPRK terhadap hubungan baik ... jika Korea Utara mengambil langkah berarti pada denuklirisasi," kata pernyataan itu.

Amerika Serikat, Korea Selatan dan Jepang mengatakan bahwa mereka mendukung Perjanjian 2005 - yang dibuat pada pembicaraan enam-negara meliputi tiga sekutu serta Cina dan Rusia - untuk melakukan upaya diverifikasi guna mengakhiri program nuklirnya.

Sejak itu, Korea Utara telah menguji tiga bom nuklir, yang paling baru pada Februari. Uji terbaru disertai oleh retorika berapi-api oleh Korea Utara, Standar Korea Utara, termasuk perang nuklir mengancam di Amerika Serikat.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement