Kamis 20 Jun 2013 16:34 WIB

WikiLeaks Bantu Snowden Dapat Suaka di Islandia

Rep: Nur Aini/ Red: Dewi Mardiani
Edward Snowden
Foto: AP/The Guardian
Edward Snowden

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Aktivis WikiLeaks berdiskusi dengan pejabat pemerintah Islandia untuk mencari kemungkinan pemberian suaka kepada Edward J Snowden, mantan kontraktor Badan Keamanan Nasional (NSA) Amerika Serikat. Snowden merupakan pembocor dokumen terkait program pengintaian yang dijalankan NSA.

"Kami berhubungan dengan tim resmi Snowden dan dalam proses menjembatani suaka di Islandia, " ujar Julian Assange, pendiri WikiLeaks dikutip New York Times. Dia mengatakan hambatan hukum dan teknis tengah ditinjau oleh pengacara dan pendukung Snowden.

Jurubicara duta besar Islandia untuk Washington mengonfirmasi pemerintahannya tengah dihubungi pihak Snowden. Namun, dia tidak memberikan rincian lebih lanjut.

Snowden, 29 tahun, yang membocorkan dokumen Badan Intelijen Nasional Amerika Serikat (NSA) mengguncang otoritas AS. Dia memicu debat publik tentang penguntaian pemerintah. Dia dipercaya bersembunyi di Hong Kong. Dia mengatakan tertarik dengan Suaka di Islandia.

Otoritas AS mengonfirmasi Snowden berada dibawah investigasi. Namun, dia tidak akan dituntut secara publik. Dakwaan kadang dirahasiaan untuk menghindari pemberian peringatan kepada terdakwa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement