Jumat 21 Jun 2013 16:07 WIB

Sejuta Warga Brasil Turun ke Jalan

Rep: Nur Aini/ Red: Fernan Rahadi
Demonstrasi di Brasil.
Foto: theatlantic.com
Demonstrasi di Brasil.

REPUBLIKA.CO.ID, RIO DE JANEIRO -- Diperkirakan 1 juta orang turun ke jalan di kota-kota di seluruh Brasil pada Kamis (20/6) waktu setempat. Protes itu menjadi yang terbesar di negara tersebut dalam dua dekade terakhir untuk memprotes kebijakan publik.

Sebagian besar protes berlangsung damai, namun beberapa kekerasan dan vandalisme terjadi di beberapa kota. Di Rio de Janeiro, 300 ribu orang melakukan demonstrasi. sementara, 110 ribu orang di Sao Paulo berbaris di jalan untuk memprotes kenaikan tarif transportasi.

Di ibukota, Brasilia, puluhan ribu demonstran berbaris di kompleks gedung pemerintahan. Polisi mengatakan 80 orang demosntran membawa bahan peledak.

Sasaran protes dalam dua pekan kedua telah meluas mencakup pajak yang tinggi, inflasi, korupsi, pelayanan publik yang buruk mulai dari rumah sakit sampai kepolisian. Turnamen Piala Dunia 2014  juga menjadi sasaran kritik pendemo dimana 26 miliar dolar AS dihabiskan untuk kompetisi sepakbola terbesar tersebut beserta Olimpiade 2016.

Polisi di Salvador, Rio, Brasilia, dan kota-kota lain menggunakan gas air mata, semprotan merica, dan alat-alat lain untuk membubarkan massa. Mereka mengenakan perlengkapan antihuru-hara, kuda, truk, dan barikade. Kerusuhan tersebut terjadi enam bulan sebelum pemilu di Brasil.

Brasil mengalami ekonomi yang cukup buruk. Pertumbuhan ekonomi kurang dari 1 persen tahun lalu, inflasi tahunan sebesar 6,5 persen. Investor telah kehilangan minat pada aset Brasil, negara yang memiliki hampir 200 juta penduduk.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement