Ahad 23 Jun 2013 08:54 WIB

Satu Tentara Australia Tewas di Afghanistan

Red:
Tentara Australia
Tentara Australia

KABUL -- Tentara satuan khusus dari Australia tewas saat baku tembak terjadi di Afghanistan, Jumat sore. Sementara satu tentara lainnya mengalami luka parah dan satu pilot terluka.

Paglima Angkatan Pertahanan Australia, Jenderal David Hurley mengatakan keluarga korban telah diberitahu soal keadaan mereka.  Keluarga tentara yang tewas telah meminta agar namanya tidak diumumkan, tetapi David menyebutkan ia adalah prajurit dari komando resimen yang bermarkas di Sydney.

Sebelum beroperasi di Afghanistan, prajurit tersebut juga pernah bertugas di Irak dan Timor Leste. "Ia tidak pernah lebih bahagia saat situasi menuntut ketegasan dan keberanian," tegas Jenderal David.

Sementara keadaan pilot semakin membaik, dan kini berada di kawasan Tarin Kot.

Satu tentara lainnya terluka parah setelah mengalami luka tembakan. Pihak keluarga pun sudah menghubunginya. Dengan tewasnya prajurit ini, maka jumlah tewas tentara Australia di Afghanistan telah mencapai 40 orang.

David menyampaikan belansungkawa bagi para korban tewas dan terluka. "Dalam beberapa waktu kedepan, kita akan mengatur agar membawa para tentara kembali ke keluarga dan temannya,"

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ABC News (Australian Broadcasting Corporation). Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ABC News (Australian Broadcasting Corporation).
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement