Ahad 23 Jun 2013 08:49 WIB

Gunung Fuji di Jepang Menjadi Warisan Dunia

Red:
Gunung Fuji
Gunung Fuji

TOKYO -- Gunung Fuji yang pernah meletus 300 tahun lalu resmi menjadi Warisan Dunia.

Badan PBB untuk urusan budaya, sains, dan pendidikan telah memberikan status Warisan Dunia kepada Gunung Fuji di Jepang.

Gunung Fuji dengan ketinggian mencapai 3.776 meter menjadi gunung tertinggi Jepang dan telah menjadi salah satu lambang Jepang.

Komite dari UNESCO mengatakan, puncak gunung Fuji yang sangat terkenal ini "telah menginspirasikan banyak seniman dan pujangga dan telah menjadi tempat ziarah selama berabad-abad."

Ukiran dari 36 pemandangan Gunung Fuji karya Katsushika Hokusai, diperlihatkan dalam sebuah pertemuan UNESCO dan pihak komite menyatakan "karya tersebut telah berdampak pada seni Barat di abad ke-19 dan membuat Gunung Fuji menjadi semakin terkenal sebagai simbol oriental Jepang."

Puncak Gunung Fuji yang terletak 100 kilometer dari ibu kota Tokyo pernah meletus terakhir kalinya sekitar 300 tahun lalu.

Gunung Fuji menjadi situs atau tempat ketujuhbelas yang berada di Jepang dan masuk ke dalam Warisan Dunia.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ABC News (Australian Broadcasting Corporation). Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ABC News (Australian Broadcasting Corporation).
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement