Senin 24 Jun 2013 07:41 WIB

Abbas Terima Pengunduran Diri Hamdallah

Rami Hamdallah.
Foto: arabnews.com
Rami Hamdallah.

REPUBLIKA.CO.ID, JERUSALEM -- Presiden Palestina Mahmoud Abbas menerima pengunduran diri perdana menteri Rami Hamdallah, Ahad (23/6). Hamdallah menyatakan mundur setelah dua pekan menjabat. 

Hamdallah menggantikan Salam Fayyed yang sebelumnya menjabat sebagai perdana menteri selama enam tahun. Fayyad berhenti April silam karena perselisihan terkait jabatanya. Namun, ia tetap menjabat sebagai caretaker sampai penunjukan Hamdallah.

Pejabat Palestina mengatakan, Hamdallah mundur karena konflik atas kewenangan dan tanggung jawabnya. Dikatakan, masalah utamanya terletak pada dua wakil perdana menteri.

Hamdallah merupakan dosen dan profesor di linguistik di perguruan tinggi serta tidak memiliki latar belakang politik. Namun, ia dikenal dekat dengan Fatah, partai yang berkuasa di Palestina. 

Direktur Palestinian Academic Society untuk studi internasional, Mahdi Abdul Hadi mengatakan, pemerintahan Palestina mengalami kebuntuan nyata. Yaitu, terjebak antara okupasi Israel dan rekonsiliasi setengah hati dengan Hamas.

"Masalahnya bukan siapa yang jadi perdana menteri. Tapi ke mana arah pemerintahan Palestina," ujarnya seperti dikutip New York Times, Senin (24/6).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement