Rabu 26 Jun 2013 02:28 WIB

Nouri Bousahmein Terpilih Jadi Pemimpin Sementara Libya

REPUBLIKA.CO.ID,TRIPOLI -- Anggota parlemen dari kelompok independen, Nouri Bousahmein, pada Selasa (15/6) terpilih menjadi ketua Kongres Gerakan Nasional (GNC) dan membuatnya menjadi pemimpin sementara Libya.

Bousahmein merupakan orang pertama dari kelompok minoritas Berber yang memegang posisi senior di negara itu. Ia menggantikan Mohammed Megaryef, yang mengundurkan diri setelah satu undang-undang yang disahkan melarang mereka yang pernah berdinas di bawah diktator yang digulingkan Muammar Qaddafi memegang jabatan politik.

Bousahmein dipilih oleh majelis dalam pemungutan suara kedua setelah memimpin pada pemilihan babak pertama yang diikuti oleh sembilan kandidat. Dia memperoleh 96 dari 184 suara, unggul atas Al-Sherif al-Wafi, dari kelompok independen juga yang meraih 80 suara.

Bousahmein adalah lulusan Fakultas Hukum Universitas Benghazi dan bekerja di kompleks kimia Abu Kamash dari 1978 hingga 2000. Dia terpilih untuk menjadi anggota GNC dari kampung halamannya Zuwara dan menjadi rapporteur majelis itu.

Etnis Berber berjumlah sekitar 10 persen dari populasi Libya. Mereka hidup menderita di bawah rejim Qaddafi dan terus merasa termarjinalkan di bawah rejim baru. Mereka hidup di pegunungan sebelah barat ibu kota itu atau seperti orang-orang Tuareg, di gurun di bagian selatan Libya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement