Rabu 26 Jun 2013 08:18 WIB

Hari Ini di 1483 Richard III Menjadi Raja Inggris

Patung Lilin Raja Richard III
Foto: mirror.uk
Patung Lilin Raja Richard III

REPUBLIKA.CO.ID,Richard III (lahir 2 Oktober 1452 – meninggal 22 Agustus 1485) adalah Raja Inggris yang berkuasa selama dua tahun, dari tahun 1483 sampai kematiannya pada tahun 1485 saat Pertempuran Bosworth. Dia adalah raja terakhir dari Dinasti York. Kekalahannya pada Pertempuran Bosworth merupakan kekalahan Dinasti York dari Perang Saudara terkenal di Inggris yaitu Perang Mawar.

Richard adalah anak bungsu dari Richard, seorang bangsawan  York. Dia memiliki tiga saudara tua, yakni Edward, Edmund dan George. Ayah dan saudara keduanya, Edmund, tewas dalam pertempuran selama Perang Mawar. Saudara tertuanya, Edward, adalah prajurit yang sangat baik dan berhasil memenangkan tahta Inggris dalam pertempuran melawan raja yang sedang berkuasa, Raja Henry VI. Edward kemudian menjadi Raja Edward IV dari Inggris dan kedua saudaranya, George dan Richard, menjadi pewarisnya.

Richard menikahi Anne Neville. Richard dan Anne sebenarnya sudah berpacaran sejak mereka anak-anak. Namun beranjak dewasa, Anne dibawa ke Prancis, dan kemudian dinikahkan dengan Pangeran Wales, putra mahkota dari Henry VI dari Inggris. Ketika Pangeran Wales terbunuh dalam pertempuran, Anne menjadi janda dan segera menikah dengan Richard. Richard dan Anne tinggal di Kastil Middleham di bagian utara Inggris. Mereka memiliki satu anak yang diberi nama Edward.

Sementara kakak dari Richard III, Raja Edward menikah dengan seorang wanita bernama Elizabeth Woodville, yang kemudian memiliki keluarga besar. Dengan segera keluarganya menjadi sangat kaya dan mengambil semua posisi yang kuat di negara ini. Edward dan Elizabeth memiliki beberapa anak, termasuk dua anak laki-laki yang juga diberi nama Edward dan Richard.

Ketika Raja Edward meninggal, putra sulungnya, Edward V seharusnya menjadi raja berikutnya, tapi ia masih terlalu kecil. Richard telah diminta oleh raja untuk mengawasi dua anaknya tersebut. Richard khawatir sang raja muda yang baru ini tidak akan mampu memerintah negara dengan benar.

Richard pun mengambil tahta dari keponakannya tersebut, lalu kedua keponakannya itu dikirim ke Menara London. Kemungkinan mereka berdua dibunuh.

Pada masa memerintah selama dua tahun, Richard sangat populer, khususnya di utara Inggris (tempat ia dilahirkan). Ia sangat memerhatikan rakyatnya. Richard banyak melakukan pembangunan di sejumlah kota di Inggris. Ia juga dikenal dekat dengan rakyatnya. Sayangnya, di saat Richard III melakukan perbaikan di Inggris, ia juga disibukan dengan perang saudara di Inggris untuk memperebutkan tahta. Richard tewas pada Pertempuran Bosworth pada tahun 1485. Dia adalah raja Inggris terakhir yang mati dalam pertempuran. Henry Tudor dari keluarga Tudor kemudian menggantikan posisinya sebagai raja.

sumber : Wikipedia
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement