Rabu 26 Jun 2013 14:31 WIB

Astronaut Cina Selamat Kembali ke Bumi

Rep: Nur Aini/ Red: Djibril Muhammad
Astronaut Cina
Foto: page2rss-com
Astronaut Cina

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Tiga astronaut Cina berhasil kembali ke bumi dengan selamat setelah menyelesaikan misi luar angkasa selama 15 hari. Astronaut menggunakan pesawat Shenzhou-10 menuju laboratorium Cina di luar angkasa, Tiangong-1.

Mereka menyelesaikan latihan di luar angkasa termasuk memberikan kuliah melalui video yang dilakukan astonot Wang Yaping. Shenzhou-10 merupakan misi luar angkasa kelima dan dioperasikan 10 tahun setelah astronot Cina pertama pergi ke luar angkasa.

TV negara menayangkan kapsul mereka mendarat di bumi sekitar 08.07 waktu setempat. Mereka mendapat tepuk tangan meriah setelah kru dilaporkan selamat sampai di bumi.

BBC melaporkan komandan Nie Haisheng pertama kali keluar dari kapsul pada pukul 09.31 dan diikuti rekannya Wang Yaping dan Zhang Xiaoguang. Astronot butuh waktu agar tubuh mereka menyesuaikan dengan gravitasi bumi sebelum keluar dari kapsul.

Nie yang sebelumnya melakukan misi yang sama, berada di luar angkasa lebih lama. Dia berada di luar angkasa 470 jam untuk dua misinya.

Sementara itu, Wang Yaping merupakan wanita kedua Cina yang keluar angkasa. Dia memberi kuliah pertama kali di luar angkasa dari Tiangong-1. Cina berencana meletakkan stasiun permanen di luar angkasa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement