Kamis 27 Jun 2013 08:22 WIB

Gulingkan Gillard, Rudd Disumpah Jadi PM Australia

Kevin Rudd
Foto: AP
Kevin Rudd

REPUBLIKA.CO.ID, SYDNEY -- Kevin Rudd akhirnya disumpah menjadi perdana menteri baru Australia, Kamis (26/6) waktu setempat. Ia kembali naik sebagai perdana menteri menggantikan Julia Gillard yang telah berkuasa selama tiga tahun. Naiknya Rudd ini merupakan bagian dari upaya Partai Buruh untuk dapat mempertahankan elektabilitas yang kian merosot.

AFP melaporkan, kemenangan Rudd dipastikan melalui pemungutan suara. Yaitu, setelah sebelumnya Gillard kalah dalam pemilihan partai dan mengumumkan pensiun dari dunia politik. Enam menteri ikut mundur setelah Gillard menyatakan pensiun. Termasuk pendukung setianya, Wayne Swan. 

Kamis, Menteri Transportasi Gillard, Anthony Albanese isumpah menjadi wakil Rudd. Sementara mantan menteri imigrasi Chris Bowen diangkat menjadi menteri keuangan. 

Popularitas Partai Buruh terus menurun di bawah kepemimpinan Gillard. Sementara Rudd tetap populer dan diharapkan dapat mendorong elektabilittas partai. Rudd sekaligus akan memimpin Partai Buruh untuk menghadapi pemilu yang dijadwalkan digelar pada 14 September mendatang. Namun, dari hasil poling terlihat, calon oposisi, Tony Abbott akan menang dalam pemilu tersebut dengan telak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement