Kamis 27 Jun 2013 20:14 WIB

Menhan Australia Mundur dari Politik

Red:
Menteri Pertahanan Australia Stephen Smith
Menteri Pertahanan Australia Stephen Smith

CANBERRA -- Menyusul pergantian Ketua Partai Buruh Australia setelah kekalahan Julia Gillard dari Kevin Rudd dalam pemungutan suara  kaukus Partai Buruh, Menteri Pertahanan Australia, Stephen Smith juga ikut mengundurkan diri dari dunia politik.

Stephen Smith menyatakan rencana pengunduran dirinya dari politik itu di dalam forum Parlemen, namun menegaskan tetap melanjutkan tugas sebagai Menteri Pertahanan di bawah kepemimpinan Kevin Rudd sampai Pemilu berikutnya yang dijadwalkan pada September mendatang.

Smith telah menduduki kursi Parlemen sebagai wakil dari Perth selama dua decade. "Ini adalah sesuatu yang saya tidak bisa ungkapkan dari hati nurani yang baik kepada orang-orang dari Perth, bahwa saya bisa melanjutkannya untuk  menang kalah, atau seri pada pemilu berikutnya selama tiga tahun," katanya kepada Parlemen.

Dia mengatakan peristiwa dramatis dua hari terakhir telah memberinya "pikiran jernih" untuk membuat keputusan untuk pergi.  "Saya mengatakan bahwa saya sangat berterima kasih kepada kedua Perdana Menteri - Perdana Menteri Rudd dan Perdana Menteri Gillard -. Atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya untuk melayani," kata Smith.

Rudd telah mengucapkan terima kasih Mr Smith atas kontribusinya, menggambarkan dia sebagai seorang prajurit Buruh kelas pertama.

Rudd mengungkapkan rekan kabinetnya suka mengolok-olok Smith sebagai alam metodis. "Dia tidak memiliki cela yang terorganisir di atas kertas yang pada dasarnya tertata  seperti ini dan tidak ada sentimeter keluar dari tempat," ujar Rudd.

Smith memuji kepala Pertahanan

Stephen Smith ditunjuk sebagai Menteri Pertahanan sejak 2010 dan Menteri Luar Negeri pada periode pertama Pemerintahan Partai Buruh. Dalam Oposisi ia memegang beberapa portofolio menteri bayangan termasuk kesehatan, komunikasi dan imigrasi.

Smith memuji para pimpinan yang berkerja sama dengannya di Kementerian Pertananan - Angus Houston dan David Hurley. "Saya sebagai menteri pertahanan  saat ini lebih sering melihat kematian ketimbang dari seorang menteri Australia untuk pertahanan sejak perang Vietnam," katanya.

Stephen Smith adalah menteri dari Parti Buruh keempat yang mengumumkan pengunduran diri mereka sejak Rudd merebut pimpinan partai dan dilantik menjadi Perdana Menteri Australia.

Julia Gillard, berserta pendukungnya Craig Emerson dan Peter Garrett juga akan meninggalkan Parlemen pemilu mendatang.

Komentator politik Peter Kennedy mengatakan Smith akan dapat merefleksikan karir di Parlemennya dengan bangga.  "Stephen Smith telah menjadi politisi sempurna. Sangat baik disiapkan, sangat dipikirkan dengan baik," katanya.

"Dia menjadi politisi Australia Barat yang sukses."

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ABC News (Australian Broadcasting Corporation). Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ABC News (Australian Broadcasting Corporation).
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement