Kamis 27 Jun 2013 17:31 WIB

Kondisi Mandela Memburuk

Rep: Nur Aini/ Red: Karta Raharja Ucu
  Nelson Mandela mengenakan batik saat diabadikan di  pada tahun 2005.  (EPA/STR)
Nelson Mandela mengenakan batik saat diabadikan di pada tahun 2005. (EPA/STR)

REPUBLIKA.CO.ID, PRETORIA -- Kondisi mantan presiden Afrika Selatan, Nelson Mandela (94 tahun) memburuk. Hal ini membuat Presiden Afrika Selatan, Jacob Zuma membatalkan perjalananannya ke Mozambique.

Juru bicara Zuma, Mac Maharaj mengatakan, kondisi Mandela memburuk dalam 48 hari terakhir. Mandela berada di rumah sakit sejak 8 Juni karena infeksi paru-paru.

Dokter mengatakan, pihaknya melakukan semuanya untuk membuat kondisi Mandela membaik. Massa berkumpul di luar rumah sakit untuk mendukung Mandela.

BBC melaporkan, Zuma dijadwalkan menghadiri pertemuan regional di ibu kota Mozambiq, Maputo pada Kamis (27/6) ini, tapi memutuskan untuk membatalkan perjalanan. Dalam pernyataan dari kantornya, Zuma menegaskan terima kasihnya atas nama pemerintah kepada semua warga Afsel yang terus mendukung keluarga Madiba.

Pembatalan perjalanan itu memperkuat kesan Nelson Mandela dalam kondisi sangat kritis. Kantor Zuma memperingatkan spekulasi tentang kesehatan Mandela. Maharaj mengkritik sejumlah media yang menyiarkan informasi yang belum diverifikasi.

Mandela yang dikenal dengan nama marga Madiba dihormati karena perannya melawan kekuasaan minorotas kulit putih Afsel. Dia sempat dipenjara selama 27 tahun karena perjuannya tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement