Sabtu 29 Jun 2013 07:52 WIB

Kini, Siswa Miskin Dhaka Bisa Kenal Komputer

komputer
Foto: realitypod.com
komputer

REPUBLIKA.CO.ID, DHAKA -- Buat sebagian besar masyarakat dunia, komputer bukan barang langka lagi. Namun berbeda dengan sebagian besar penduduk kota Bangladesh. Di sana, komputer masih sangat jarang dan jauh dari jangkauan.

Sekarang ada satu lembaga yang mendedikasikan diri untuk menyediakan buat mereka sarana guna mempelajari cara menggunakan komputer. Computers Are Free for Everyone (CAFFE) sebagai lembaga yang menyediakan pendidikan komputer secara gratis buat orang dari wilayah Dhaka.

"Kami memulai CAFFE dengan misi menyediakan kesempatan terbaik buat siswa kurang beruntung di Bangladesh," kata Luke Doyle, pendiri dan pemimpin lembaga itu, seperti dilansir dari Xinhua, Sabtu (29/6).

Doyle mendirikan lembaga tersebut pada 2011 dengan dukungan keuangan dari sebagian orang Bangladesh yang tinggal di China. Lembaga itu, yang dimulai hanya dengan 12 pelajar, sekarang menawarkan pendidikan komputer gratis buat sebanyak 200 murid.

"Dana awal sesungguhnya berasal dari Cina dari sekelompok orang tua Bangladesh di Shanghai. Mereka membantu kami untuk memulai. Tanpa mereka, akan sangat sulit buat kami untuk mendirikan sekolah," kata Doyle. Menurut Doule, lembaga tersebut memperkenalkan komputer kepada banyak pelajar yang tak pernah menyentuh alat itu dalam hidup mereka, malah kebanyakan tak memiliki akses ke teknologi baru tersebut.

Para guru CAFFE mengatakan para siswa bersungguh-sungguh dalam mempelajari komputer, yang mereka anggap sebagai satu-satunya kesempatan mereka untuk mewujudkan impian mereka dalam kehidupan nyata.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement