Ahad 30 Jun 2013 09:08 WIB

Serbia akan Jadi Anggota Uni Eropa

Presiden Serbia Tomislav Nikolic
Foto: Reuters
Presiden Serbia Tomislav Nikolic

REPUBLIKA.CO.ID,PARIS -- Para pemimpin Uni Eropa sepakat memulai pembicaraan keanggotaan dengan Serbia. Para pemimpin Uni Eropa mengumumkan keputusan itu hari Jumat dalam KTT di Brussels. Mereka juga sepakat blok 27 negara itu seharusnya memulai perundingan dengan Kosovo mengenai apa yang disebut perjanjian asosiasi, langkah pertama yang akhirnya menuju keanggotaan Uni Eropa.

Presiden Dewan Eropa Herman Van Rompuy mengatakan keputusan mengadakan pembicaraan keanggotaan dengan Serbia adalah "momen bersejarah bagi Balkan." Ia mencatat, keputusan mengenai Serbia diambil selagi Kroasia bersiap bergabung dengan Uni Eropa hari Senin.

Serbia selama bertahun-tahun berusaha bergabung dengan Uni Eropa, tetapi para pemimpin Uni Eropa menuntut kerjasama yang lebih dari Serbia guna menangkap buronan penjahat perang dan memperbaiki hubungan dengan Kosovo.

Kosovo adalah bekas provinsi Serbia. Pada akhir tahun 1990-an, pasukan NATO membom Serbia karena negara itu memerangi separatis etnis Albania di Kosovo. Kosovo mendeklarasikan kemerdekaannya tahun 2008.

sumber : VOA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement