Ahad 30 Jun 2013 13:06 WIB

Parlemen India: Koban Tewas Banjir Uttarakhand Tembus Angka 10 Ribu Jiwa

Rep: Hannan Putra/ Red: Djibril Muhammad
 Tentara India menyelamatkan seorang wanita di negara bagian India utara Uttarakhand, Kamis (27/6).
Foto: AP
Tentara India menyelamatkan seorang wanita di negara bagian India utara Uttarakhand, Kamis (27/6).

REPUBLIKA.CO.ID, Banjir yang telah berlangsung di Uttarakhand, India Utara semenjak dua pekan lalu telah menewaskan sekitar 10 ribu jiwa. Perkiraan korban yang tewas masih simpang siur, namun Parlemen India memperkirakan korban tewas telah menembus angka 10 ribu.

"Belum ada pihak yang bisa menyebutkan jumlah pasti korban jiwa. Perkiraan kami, setelah mengunjungi berbagai daerah yang dilanda bencana serta informasi sementara yang berhasil dikumpulkan dari warga setempat, saya berani mengatakan jumlah korban jiwa sudah mencapai 10 ribu orang," jelas Ketua Parlemen Uttarakhand, Govind Singh Kunjwal kepada awak media di kota Dehradun, Sabtu (29/6), seperti dilansir dari Dailymail.

Sumber lain dari pemerintah, korban jiwa masih di bawah angka seribu. sedangkan dari salah seorang menteri menyebutkan jumlah korban telah melebihi angka 5 ribu jiwa.

Banjir berasal dari luapan sungai tempat umat hindu menjalankan ritual keagamaannya. Sungai yang dianggap suci tersebut meluap pada 16 Juni lalu dan menggenangi pemukiman warga. Hujan yang terus mengguyur membuat ribuan warga terjebak.

Diperkirakan, banjir bandang tersebut merupakan yang terparah dalam 60 tahun belakangan. Pemerintah setempat telah menerjunkan tim penyelamat dari militer dan kepolisian. Penyelamatan sulit karena cuaca yang memburuk.

Selain itu, karena umumnya yang terjebak banjir adalah peziarah hindu yang datang ke kota itu. Mereka tidak mengetahui lokasi setempat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement