Jumat 05 Jul 2013 09:36 WIB

Twitter Terjemahkan Kicauan Tokoh Mesir

Rep: Nur Aini/ Red: Karta Raharja Ucu
Aplikasi Twitter di dalam smartphone. Ilustrasi.
Foto: Guardian.co.uk
Aplikasi Twitter di dalam smartphone. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO -- Kicauan dari para tokoh Mesir akan otomatis diterjemahkan Twitter ke dalam bahasa Inggris. Ini merupakan layanan baru Twitter bagi para pengguna non-Arab.

Kicauan mantan Presiden Mohammad Mursi yang baru saja digulingkan Militer, pengguna Twitter non-Mesir dapat membaca kicauannya dalam bahasa Inggris. Selain itu, akun pemimpin oposisi, Mohammad Elbaradei dan aktivis Arab, Wael Ghonim juga mendapat fasilitas serupa.

Twitter menggunakan Microsoft Bing translator untuk eksperimen. Kicauan terbaru dari Mursi diunggah pada 21:39 pada 2 Juli. Isi dari kicauan tersebut terkait dengan penolakan terhadap upaya untuk merusak konstitusi. Kicauan itu juga memerintahkan tentara menarik ultimatumnya.

Terjemahan tersebut belum 100 persen akurat. Twitter juga belum secara resmi meluncurkan layanannya. Dalam pernyataan di situs AllThingsD, terjemahan tersebut merupakan eksperimen.

"Kami menyediakan terjemahan untuk beberapa akun yang banyak diikuti di Mesir, sehingga orang di seluruh dunia dapat mengerti lebih baik dan tahu apa yang terjadi di sana," ungkap pernyataan yang dikutip BBC.

Twitter menyediakan daftar akun Mesir yang memiliki terjemahan dengan egypt2013. Dalam daftar tersebut termasuk Wael Ghonim dengan 1,1 juta follower dan Tahrir News dengan 900 ribu follower. Twitter mulai eksperimen terjemahan bulan ini dengan bahasa dari Eropa termasuk Italia, Prancis, dan Spanyol sebelum memberi terjemahan di Mesir.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement