Sabtu 06 Jul 2013 22:21 WIB

Maduro Tunjuk Perempuan Jadi Menteri Pertahanan Venezuela

Carmen Melendez
Foto: AVN
Carmen Melendez

REPUBLIKA.CO.ID, CARACAS -- Venezuela menunjuk laksamana Carmen Melendez sebagai menteri pertahanan. Pembantu dekat Hugo Chavez itu pun menjadi perempuan pertama yang menjadi menteri pertahanan. Reuters melaporkan, dia dilantik dalam satu upacara di museum militer yang menjadi tempat peristirahatan terakhir mendiang pemimpin sosialis itu.

Tahun lalu, Melendez menjadi laksamana perempuan pertama di negara Amerika Selatan itu. Kini, ia mengambil alih kementerian pertahanan dari Diego Molero. "Di sini, di mana mendiang komandan kita dipusarakan, saya memutuskan untuk menunjuk komando tinggi militer baru," kata Presiden Nicolas Maduro dalam pidato yang disiarkan langsung semua jaringan TV lokal.

"Saya sudah memutuskan untuk menunjuk seorang perempuan untuk memimpin kementerian pertahanan untuk pertama kalinya, Carmen Melendez, prajurit dari Tanah Air ini."

Maduro menang tipis dalam pemilihan presiden pada April setelah mentornya Chavez meninggal dunia akibat kanker yang dideritanya selama dua tahun. Perombakan angkatan bersenjata sudah lama diperkirakan.

Karena Maduro ingin mengkonsolidasikan posisinya di puncak koalisi kiri yang dibangun Chavez yang terdiri dari para perwira militer dan ideolog sosialis sampai pengusaha dan militan bersenjata. Apalagi, dalam pemerintahan Chavez, Melendez memainkan peran penting.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement