Ahad 07 Jul 2013 20:29 WIB

Dua Tewas Akibat Kecelakaan Pesawat di San Fransisco

Red:
Kecelakaan Pesawat Asiana Airlines Boeing 777 di San Francisco
Kecelakaan Pesawat Asiana Airlines Boeing 777 di San Francisco

LOS ANGELES -- Dua orang tewas dan lebih dari 100 orang terluka dalam peristiwa kecelakaan pesawat penumpang yang jatuh saat mendarat di bandara San Fransisco Internasional, Amerika Serikat, Sabtu pukul 11.30 atau 4.30 WIB (7/7).

Pesawat Boeing 777 yang membawa 307 penumpang  sedang dalam perjalanan dari Seoul, Kore Selatan ketika kecelakaan terjadi saat mendarat dan terbakar di bandara San Francisco.

Pesawat itu diperasikan oleh maskapai penerbangan Korea Selatan, Asiana. Saksi mata melaporkan melihat bola api dan mengatakan, pesawat berputar putar sebelum mendarat dengan perut pesawat hingga di ujung landasan.

Ekor pesawat turun dan api kemudian mulai menjalar melalui atap kabin. Tidak ada indikasi apa penyebab kecelakaan, sementara pejabat federal dari Washington kini sedang melakukan penyelidikan.

Kepala pemadam kebakaran San Francisco, Joanne Hayes-White mengkonfirmasi dua orang tewas akibat peristiwa itu. Sedangkan Kantor berita Korea Selatan Yonhap mengatakan keduanya warga China.

Sekitar 181 penumpang  telah dibawa ke rumah sakit untuk menjalani pemulihan.

Sementara itu, Kepala Maskapai Asiana mengatakan pihaknya tidak mempercayai ada masalah dengan mesin yang menyebabkan kecelakaan dan gagalnya pendaratan.

Namun demikian maskapai juga tidak menunjuk penyebabnya karena karena kesalahan pilot.

Asiana menjelaskan tiga kapten yang bertugas diantaranya telah memiliki lebih dari 10.000 jam terbang.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ABC News (Australian Broadcasting Corporation). Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ABC News (Australian Broadcasting Corporation).
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement