Senin 08 Jul 2013 00:04 WIB

587 Ribu Lebih Pengungsi Suriah Berada di Lebanon

Pengungsi Suriah di Lebanon mengelilingi tungku untuk menghangatkan diri.
Foto: NEW YORK TIMES
Pengungsi Suriah di Lebanon mengelilingi tungku untuk menghangatkan diri.

REPUBLIKA.CO.ID, BEIRUT -- Komisariat Tinggi PBB Urusan Pengungsi (UNHCR) pada Sabtu (6/7) menyatakan jumlah pengungsi Suriah di Lebanon telah melebihi 587.000, setelah bertambah 19.000 orang dalam satu pekan terakhir saja.

UNHCR menyatakan di dalam satu laporan bahwa ada 503.000 pengungsi yang terdaftar sementara lebih dari 84.000 orang lagi masih menunggu penyelesaian proses pendaftaran.

Sebanyak 178.000 pengungsi Suriah terdaftar di Lebanon Utara, 170.000 di Wilayah Lembah Bekaa di Lebanon Timur, 92.000 di Beirut dan Gunung Lebanon, dan 62.000 pengungsi di Lebanon Selatan, kata UNHCR sebagaimana dilaporkan Xinhua --yang dipantau di Jakarta, Ahad malam.

Laporan tersebut menegaskan pengungsi diberi perawatan medis dan bantuan kesehatan.

Lebanon telah menyeru Dewan Keamanan PBB dan donor internasional agar membantunya menanggung beban sebagai penampung pengungsi Suriah --yang diperkirakan melebihi ambang batas satu juta orang paling lambat pada akhir tahun ini.

Presiden Lebanon Michel Suleiman pada Jumat kembali menyuarakan kekhawatiran mengenai ketidak-mampuan negerinya untuk menangani arus orang Suriah yang meninggalkan rumah mereka dan terulangnya arus besar mereka.

Komisaris Tinggi PBB Urusan Pengungsi Antonio Guterres mengatakan pada Juni bahwa jumlah pengungsi Suriah di Lebanon telah melebihi 25 persen dari jumlah penduduknya dan mereka menjadi beban yang sangat besar buat pemerintah serta rakyat Lebanon.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement