Selasa 09 Jul 2013 22:32 WIB

Medali Asli Dicuri, Atlet Paralympic Dapat Medali Pengganti

Red:
Brad Ness, atlet paralympic asal Australia Barat dan Menteri Olahraga Terry Waldron
Brad Ness, atlet paralympic asal Australia Barat dan Menteri Olahraga Terry Waldron

CANBERRA -- Atlet paralympic asal Australia Barat, Brad Ness mendapat medali pengganti setelah medali-medali yang diraihnya di sejumlah event olahraga Olimpiade Paralympic dicuri. Medali-medali pengganti itu diserahkan dalam upacara penyerahan khusus di gedung parlemen,  Perth, Selasa (9/7).

Medali-medali asli milik Brad Ness yang diraih lewat cabang olahraga basket dicuri orang dari apartemennya di Roma awal tahun ini.  Brad meraih medali emas di Olimpiade paralympic Beijing tahun 2008 dan medali perak di Olimpiade Paralympic Athena Yunani 2004 dan London 2012 lalu.

Brad Ness mengatakan medali-medali itu sangat penting bagi dirinya. Oleh karena itu, ia sangat sedih ketika mengetahui medali-medalinya dicuri. Karenanya hari ini ia sangat terharu menerima medali pengganti  ini. Dirinya  tidak menyangka bisa  melihat  kembali medali kebanggaanya tersebut.

"Anda tidak pernah bisa mengulangi momen ketika Anda berada di podium dan mendengar lagu kebangsaan, kerja keras selama empat tahun berlatih terbayarkan,” tuturnya.

Ini kali pertama Komisi Paralympic Australia mengajukan permohonan penggantian medali bagi atletnya.

Menteri Olahraga Australia Barat, Terry Waldron mengetahui Brad Ness dan keluarganya dari komunitas petani di Wagin dan Kojonup. Waldron mengaku senang menyerahkan medali pengganti itu kepada Ness.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ABC News (Australian Broadcasting Corporation). Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ABC News (Australian Broadcasting Corporation).
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement