Kamis 11 Jul 2013 01:42 WIB

Cina-AS Bahas Keamanan Dunia Maya

Dunia maya
Dunia maya

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Pembicaraan Cina dengan Amerika Serikat (AS) terkait keamanan dunia maya, yang dibayangi pembocoran pengawasan elektronika Amerika Serikat oleh mantan mata-mata Edward Snowden, berjalan baik, kata media pemerintah pada Rabu (10/7). Kedua pihak, menurut media pemerintah itu, berjanji meningkatkan kerja sama.

Keamanan dunia maya adalah salah satu topik utama untuk pembicaraan tingkat tinggi antara dua ekonomi terbesar di dunia itu pekan ini, saat kedua negara saling melontarkan tuduhan tentang serangan peretas pada masing-masing negara.

Aksi Snowden membocorkan pengawasan elektronik Amerika Serikat di seluruh dunia telah memberi Cina argumen untuk membalas keluhan Amerika Serikat bahwa Cina mencuri kekayaan intelektual pribadi (IP) dari perusahaan-perusahaan Amerika Serikat dan pusat penelitian.

Tapi kantor berita resmi China, Xinhua, menyiratkan bahwa pembicaraan itu, yang dilakukan di sela-sela dialog keamanan strategis pada Senin dan Selasa, telah mengalami kemajuan. "Kedua negara melakukan diskusi mendalam tentang keamanan dunia maya, termasuk mekanisme kelompok kerja bilateral dunia maya, aturan dunia maya internasional, dan langkah-langkah untuk meningkatkan dialog dan kerjasama keamanan dunia maya," kata Xinhua.

Kedua belah pihak, katanya, sepakat untuk meningkatkan operasi kelompok sehingga bisa memainkan peran positif dalam meningkatkan rasa saling percaya, mengurangi saling curiga, menangani sengketa dan memperluas kerja sama. tambahnya.

"Kedua belah pihak sepakat untuk mengadakan pertemuan informal pada waktu yang tepat sebelum dialog keamanan strategis berikutnya," katanya, seperti dilansir Reuters.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement