Sabtu 13 Jul 2013 13:19 WIB

Obama Telepon Putin Bahas Kasus Snowden

Presiden Barack Obama
Foto: AP/Charles Dharapak
Presiden Barack Obama

REPUBLIKA.CO.ID, WHASINGTON--Presiden Barack Obama berbicara dengan Presiden Rusia Vladimir Putin, Jumat (12/7) seputar  kasus Edward Snowden setelah Gedung Putih memperingatkan Moskow untuk tidak memberikan buronan pembocor itu "platform propaganda" oleh pemberi suakanya.

Seruan itu muncul setelah Snowden mengatakan ia ingin mengklaim perlindungan sementara di Rusia. Ia telah tinggal di satu ruang tunggu transfer bandara, di negara itu sampai dia bisa mencari cara untuk mendapatkan suaka permanen di Amerika Selatan.

Pembicaraan per telepon Obama-Putin telah dijadwalkan selama beberapa hari. Gedung Putih memberikan beberapa rincian tetapi mengatakan para pemimpin membahas masalah Snowden dan kerja sama kontra-terorisme dalam rangka penyelenggaraan Olimpiade Musim Dingin Sochi tahun depan.

Obama akan melakukan perjalanan ke Moskow pada September untuk pertemuan puncak dengan Putin.  Ia memiliki hubungan rumit dengan Putin. Kedua pemimpin itu terakhir bertemu di Irlandia Utara tahun lalu, sebelum menuju ke KTT G20 di St Petersburg.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement