Senin 15 Jul 2013 04:25 WIB

Merasa Dicemarkan, Maskapai Asiana akan Tuntut Stasiun Televisi

Pesawat Asiana Airlines yang jatuh di bandara San Fransisco
Foto: AFP
Pesawat Asiana Airlines yang jatuh di bandara San Fransisco

REPUBLIKA.CO.ID, Maskapai penerbangan Asiana Airlines mengatakan reputasinya dirusak oleh sebuah laporan stasiun televisi San Fransisco yang menggunakan nama-nama palsu dan bernuansa rasial atas keempat pilot Asiana, yang pesawatnya jatuh bulan ini. Asiana mengatakan sedang mempertimbangkan untuk mengambil langkah hukum.

Seorang penyiar KTVU-TV membaca nama-nama pilot tersebut hari Jumat dan kemudian memohon maaf setelah jeda iklan. Laporan itu disertai grafik nama-nama palsu bersama sebuah foto pesawat Asiana yang terbakar. Petikan laporan itu menyebar di dunia maya setelah disiarkan.

Dewan Keamanan Transportasi Nasional NTSB juga telah minta maaf, dengan mengatakan seorang staf paruh waktu telah mengkonfirmasi secara keliru nama-nama awak pesawat naas itu.

Asiana Airlines dalam pernyataannya mengatakan sedang mempertimbangkan langkah hukum terhadap KTVU-TV dan juga NTSB karena laporan itu “merusak” citra maskapai penerbangan tersebut dan pilot mereka. Tidak dijelaskan langkah hukum apa yang sedang dipertimbangkan itu.

Seperti dilansir VOA, KTVU-TV dan NTSB sama-sama tidak berkomentar soal dari mana mereka mendapatkan nama-nama tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement