Selasa 16 Jul 2013 10:05 WIB

Panda Raksasa di Atlanta Lahirkan Bayi Kembar

Panda raksasa Cina (ilustrasi)
Panda raksasa Cina (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, ATLANTA -- Seekor panda di kebun binatang Atlanta melahirkan bayi kembar, Senin (15/7) waktu setempat. Kelahiran dua bayi panda itu merupakan kejutan, lantaran sebelumnya panda tersebut hanya melahirkan seekor bayi.

Lun Lun melahirkan dua bayi mungil tak berbulu pada pukul 6.21 dan 6.23 sore waktu setempat. Keduanya bayi panda pertama yang lahir di Amerika Serikat pada 2013. "Kami tidak pernah mengira mendapat bayi kembar, meskipun tidak mengesampingkan kemungkinannya," kata Dwight Lawson, wakil direktur Kebun Binatang Atlanta.

Ia menyebut, panda sangat jarang melahirkan bayi kembar. "Dalam gambar USG beberapa kali kami hanya melihat satu janin yang tumbuh," tuturnya. Bayi panda kembar belum pernah dilahirkan di Kebun Binatang Atlanta. Lun Lun sebelumnya sudah melahirkan tiga bayi di tempat itu.

Panda raksasa termasuk satwa langka di habitatnya, pegunungan di Cina tengah. Diperkirakan sekitar 1.600 panda hidup di alam bebas dan sekitar 300 telah ditangkap kebanyakan berada di kebun binatang di Cina. "Jenis kelamin bayi belum bisa ditentukan segera," kata Lawson.

Bayi panda yang lahir berukuran sekitar setengah cangkir, berwarna merah muda, tanpa bulu dan buta. Sedangkan sang induk, Lun Lun berbobot 91 kg.

Menurut Taman Nasional Kehewanan Smithsonian, bayi panda berukuran sekitar 1/900 dari ukuran induknya. Di alam bebas panda kerap melahirkan bayi kembar tetapi hanya bisa membesarkan seekor anaknya dalam satu masa pengasuhan, dan membiarkan seekor anaknya yang lain.

Namun di kebun binatang bisa diatur, petugas akan meletakkan seekor bayi lainnya di dalam inkubator sementara induk merawat bayi lain, dan menukar-nukarnya. Sehingga, kata Lawson, Lun Lun mempunyai kesempatan untuk berhasil membesarkan kedua bayinya. "Secara fisik menyulitkan bagi induk panda untuk merawat lebih dari seekor bayi," katanya.

Pihak kebun binatang akan bekerjasama dengan ahli dari Cina untuk memberi nama si kembar setelah mereka berumur 100 hari. Contohnya, bintang rock Taiwan, Su Huilun memberi nama Lun Lun sedangkan aktor Jack Black telah memberi nama bayi yang sebelum ini dengan Po, seperti nama tokoh panda dalam film Kung Fu Panda yang suaranya diisi Black.

Bayi itu adalah bayi ke empat dan ke lima yang dilahirkan Lun Lun dengan pejantan Yang Yang yang keduanya berusia 15 tahun. Bayi pertama mereka, Mei Lan (6) kini berada di pusat penelitian Chengdu, Cina, untuk penelitian pengembangbiakan panda raksasa.

Dua bayi lain Xi Lan (4) dan Po (2) berada di kebun bintang tersebut. Namun, rencananya keduanya akan dipindah ke Cina akhir tahun ini. Semua anak-anak panda itu lahir melalui sistem pembuahan buatan.

sumber : Antara/Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement