Selasa 16 Jul 2013 15:19 WIB

Panama Temukan Kargo Senjata Korea Utara

Rep: Nur Aini/ Red: Citra Listya Rini
Kargo senjata Korea Utara di Panama
Kargo senjata Korea Utara di Panama

REPUBLIKA.CO.ID, PANAMA -- Panama menahan sebuah kapal berbendara Korea Utara yang dapat dari Kuba dengan senjata termasuk bahan rudal. Presiden Kuba, Ricardo Martinelli mengatakan kapal itu menjadi target aparat saat mendekati terusan Panama di perairan Atlantik. 

Kapal kemudian dibawa ke pelabuhan. Jaksa anti-obat Panama, Javier Caraballo mengatakan kapal tengah dalam perjalanan ke Korea Utara. Kapal yang diperkirakan membawa 35 orang awak sempat bentrok saat polisi masuk kapal. 

Martinelli mengatakan kargo tersebut ditemukan dalam konsinyasi gula. "Kami telah menduga kapal ini yang berasal dari Kuba dan menuju ke Korea Utara, mungkin memiliki obat sehingga dibawa ke pelabuhan untuk penggeledahan," katanya seperti dikutip Al-Jazeera, Selasa (16/7).

Pemerintah Panama mengatakan kapal itu ditahan bersama awak kapal. "Kapten mencoba bunuh diri dan kru rusuh," ujar Martinelli. 

Sebelumnya, Korea Utara menantang dunia dengan ujicoba senjata nuklir ketiga pada Februari tahun ini. Korea Utara kemudian mengancam akan menyerang AS. Selama beberapa dekade, Korut mengembangkan rudal dari semua jenis. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement