Selasa 16 Jul 2013 16:55 WIB

PM Turki Tolak Tawaran Bertemu dari Wakil Presiden Mesir

Rep: Bambang Noroyono / Red: Citra Listya Rini
Recep Tayyip Erdogan
Foto: AP
Recep Tayyip Erdogan

REPUBLIKA.CO.ID, ISTANBUL -- Pemerintah Turki dikabarkan menolak ajakan Wakil Presiden ''inkonstitusional'' Mesir Mohamed el-Baradei untuk bertemu. Penolakan itu dinyatakan langsung oleh Perdana Menteri (PM) Turki Recep Tayyip Erdogan.

Tidak dijelaskan materi apa yang ditawarkan el-Baradei kepada Erdogan. Undangan dari Kairo sampai di meja Erdogan pada Senin (15/7) kemarin. Turki Aksam Daily melaporkan penolakan itu dipublikasikan hari ini, Selasa (16/7). 

Penolakan tersebut adalah sinyal jelas bagi rezim baru di Mesir tentang hubungan kedua negara pascakudeta. Erdogan dikatakan meminta kepada staf khususnya untuk menyatakan penolakan tersebut. 

''Bahwa pemerintahan sementara dan militer di Mesir telah menggunakan lejitimasi mereka sendiri (untuk mengundang Erdogan). Kami menolak pembicaraan,'' demikian tulis penolakan tersebut seperti dilansir Today Zaman, Selasa (16/7).

Today Zaman menuliskan penolakan Erdogan bukan tanpa pertimbangan. Sebelumnya, perdana menteri dua kali itu, tegas menyatakan menolak untuk mengakui pemerintahan inksonstitusional di Kairo, Mesir. 

Erdogan juga mengutuk keterlibatan militer dalam aksi penggulingan Presiden Muhammad Mursi.Erdogan tegas mengatakan, Pemerintahan di Istanbul hanya mengakui Mursi sebagai Presiden Mesir yang sah sampai pemilihan umum berlangsung di negara itu. 

''Kami tidak punya presiden selain Mursi di sana (Mesir),'' kata Erdogan dengan tegas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement