Selasa 16 Jul 2013 17:25 WIB

Presiden Turki Desak Militer Bebaskan Mursi

Rep: bambang noroyono/ Red: Taufik Rachman
Muhammad Mursi
Foto: AP/Maya Alleruzzo
Muhammad Mursi

REPUBLIKA.CO.ID,ISTANBUL -- Pemerintahan Turki mendesak otoritas militer di Ibu Kota Kairo, segera membebaskan Presiden Mesir Muhammad Mursi. Desakan itu dilayangkan Presiden Turki Abdullah Gul menanggapi situasi di Mesir.

Gul meminta Duta Besar Mesir di Istanbul Abdurrahman Salahuddin untuk menghadap dan menjelaskan keberadaan Mursi.

Today Zaman melaporkan pertemuan itu mencapai kesepakatan untuk tidak menutup kerjasama diplomatik antara kedua negara. Akan tetapi dikatakan, pertemuan tersebut adalah campur tangan diplomatik terkeras dari Turki atas situasi di Mesir.

Dalam pertemuan itu, Gul menolak setiap keterlibatan militer dalam transformasi kekuasaan.''Yang saya takutkan Mesir kembali terjebak dalam kebuntuan politik dan cengkraman militer,'' kata Gul, seperti dilansir Today Zaman, Selasa (16/7).

Dia menambahkan, solusi demokratis adalah tawaran yang harus dipaksakan dalam pertarungan politik. Sedangkan yang terjadi di Mesir dikatakan dia, adalah menyakitkan.

''Kami sudah mengalaminya empat kali (kudeta militer). Kami memberi solusi yang cepat. Kembalikan ke tangan sipil dan bebaskan hak-hak mereka,'' ujar Gul.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement