Kamis 18 Jul 2013 09:20 WIB

Kondisi Membaik, Mandela Sudah Bisa Nonton Televisi

  Nelson Mandela mengenakan batik saat merayakan ulang tahunnya ke-90 di Johannesburg,Afrika Selatan, pada tahun 2008.  (EPA/Kim Ludbrook)
Nelson Mandela mengenakan batik saat merayakan ulang tahunnya ke-90 di Johannesburg,Afrika Selatan, pada tahun 2008. (EPA/Kim Ludbrook)

REPUBLIKA.CO.ID, JOHANNESBURG -- Nelson Mandela dilaporkan mengalami kemajuan 'luar biasa' di rumah sakit. Bahkan, putrinya menyebut Mandela sudah bisa menonton televisi, tepat menjelang ulang tahun ke-95 ikon anti-apartheid itu.

"Dia mengalami kemajuan luar biasa," kata Zindzi Mandela kepada media Inggris, Sky News.

Zindzi mengatakan, ia mengunjungi Mandela Selasa (16/7) dan melihat Mandela 'menonton TV dengan menggunakan headphone'. "Ia memberi kami senyum lebar, dan memberikan respon sangat baik, dengan matanya, dan dia mengangguk serta kadang-kadang mengangkat tangannya ingin berjabat tangan," ungkap Zindzi.

Zindzi, putri termuda Mandela dengan mantan istrinya Winnie Madikizela-Mandela. Ia mengaku sebelumnya keluarga besarnya sangat khawatir dengan kondisi Mandela. "Ada waktu di saat kami semua sangat cemas dan khawatir, dan kami siap untuk yang terburuk," kata Zindzi. "Tapi dia terus memukau kami setiap hari."

Pekan lalu, istri Mandela, Graca Machel, mengatakan suaminya memberikan reaksi baik terhadap pengobatannya. Ia juga mengaku kini lebih tenang dan tidak secemas beberapa pekan lalu terkait kesehatan Mandela.

Mandela dirawat ke rumah sakit Pretoria pada 8 Juni karena infeksi paru-paru yang berulang. Kondisinya sejak saat itu telah disebutkan kritis tetapi stabil.

Ini adalah informasi terbaru seiring munculnya serangkaian suara optimistis, yang tampaknya menunjukkan jika kondisi pemenang Penghargaan Nobel Perdamaian itu memang telah membaik. Pengganti Mandela, Presiden Thabo Mbeki, bahkan menyebutkan jika Mandela mungkin dapat segera pulang ke rumah.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement