Kamis 18 Jul 2013 10:22 WIB

Dunia Rayakan Ulang Tahun Nelson Mandela

Rep: Nur Aini/ Red: Karta Raharja Ucu
  Nelson Mandela mengenakan batik saat diabadikan di  pada tahun 2005.  (EPA/STR)
Nelson Mandela mengenakan batik saat diabadikan di pada tahun 2005. (EPA/STR)

REPUBLIKA.CO.ID, PRETORIA -- Nelson Mandela melewatkan hari ulang tahunnya yang ke-95 tahun di rumah sakit di Pretoria, Afrika Selatan, Kamis (18/7). Namun, perayaan ulang tahun Mandela juga digelar di Afrika Selatan dan seluruh dunia.

Warga Afrika Selatan juga akan memperingati 67 tahun kepemimpinan Mandela dengan 67 menit tindakan amal. Mandela yang sebelumnya dilaporkan dalam kondisi kritis kini mulai stabil dengan infeksi paru-paru. Ia masuk rumah sakit pada 8 Juni.

Putrinya Zindzi mengatakan Mandela telah membuat kemajuan drastis. "Saya harus berpikir dia akan pulang dalam waktu dekat," ujarnya dikutip BBC.

Ulang tahun Mandela yang juga menjadi Hari Internasional Nelson Mandela, dideklarasikan sebagai cara untuk menghormati kontribusi pemenang hadiah Nobel untuk rekonsiliasi tersebut. Ia dihormati di seluruh dunia karena perannya dalam mengakhiri apartheid di Afsel.

Mandela kemudian menjadi presiden kulit hitam pertama dalam pemilihan semua ras pertama negara itu pada 1994. Presiden Zuma berencana membuat acara donasi ke rumah keluarga miskin di wilayah Pretoria untuk memperingati ulang tahun Mandela.

Pengusaha Inggris, Richard Branson juga memperingati dengan 67 menit layanan sosial pada Kamis. Sementara itu, konser direncanakan pekan ini di Melbourne Australia yang menampilkan artis lokal dan Afrika.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement