Kamis 18 Jul 2013 18:21 WIB

Kasus Suap, Bos F-1 Jadi Tersangka

Red:
Bernie Ecclestone
Bernie Ecclestone

MUENCHEN -- Bos Formula One (F-1) Bernie Ecclestone ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus suap di Jerman.

Pihak kejaksaan di kota Munich menuduh Bernie Ecclestone menyuap seorang bankir, Gerhard Gribkowsky, sebesar 44 juta dolar AS terkait dengan penjualan hak penyelenggaraan balap mobil itu di tahun 2006.

Bernie (82) akan dihadapkan ke pengadilan di kota itu dan jika terbukti, ini akan mengakibatkan akhir dari karirnya yang telah dijalani selama 40 tahun. Selain itu, ia juga terancam hukuman penjara.

Gribkowsky sebelumnya telah mengakui menerima uang tersebut untuk menurunkan nilai saham F-1.

Bernie membantah tuduhan ini. Menurut dia, uang tersebut dimaksudkan sebagai uang tutup, karena bankir tersebut mengancam akan melaporkan Bernie ke pihak berwajib di Inggris terkait informasi palsu. Persidangan dijadwalkan akan berlangsung pertengahan September mendatang.

Bulan lalu, Gribkowsky dijatuhi hukuman penjara 8,5 tahun kasus ini, dan sejak itu Bernie selalu beralasan ia adalah korban pemerasan. Kepada wartawan, Bernie, yang telah empat dekade memimpin F-1, menyatakan siap membela diri dan tidak akan mengundurkan diri dari F-1.

"Saya sudah bicara dengan pengacara, dan kami siap membela diri," tegasnya. "Saya tidak bersalah, tapi kalau saya dipenjara, saya harus terima".

ABC/AFP

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ABC News (Australian Broadcasting Corporation). Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ABC News (Australian Broadcasting Corporation).
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement